Langsung ke konten utama

My August (Abang Mpok Kab. Bekasi)

Sabtu, 6 Agustus 2016
At Hotel Santika - Cikarang


Setiap orang pasti punya perjalanan hidup dan setiap perjalanan hidup pasti memiliki ceritanya masing-masing.
Agustusku kali ini luar biasa, berbeda dari yang lainnya. Sedikit coretan penaku akan ku tuangkan lewat kisahku ini.
Sebelumnya ada yg sudah tau tentang Ajang Pasanggiri? atau yang biasa kita kenal dengan Abang None Jakarta/ Kang Nong Banten/ Mojang Jajaka Jabar, dll?! Pasti sudah banyak yg tahu.
Ya, kisahku kali ini adalah tentang perjuanganku ketika mengikuti salah satu ajang tersebut.
Awalnya tidak pernah tahu kalau ternyata Kabupaten Bekasi ada ajang seperti ini. Yang saya tahu hanya di Kota Bekasi saja yg mengadakan ajang semacam ini. Sebelumnya memang sudah sejak setahun yang lalu saya berniat ingin mengikuti seleksi di ajang ini, tapi pada saat itu rencananya saya akan mendaftar di Kang Nong Kota Serang (@kangnongkotaserang) atau di Abang Mpok Kota Bekasi (@amkotabekasi).
Sejak saat itu saya selalu mencari informasi terupdate tentang ajang yg bergengsi ini. Beberapa bulan terakhir saya baru tahu kalau ternyata Kabupaten Bekasi punya ajang yg bergengsi seperti ini, namanya Abang Mpok Kab. Bekasi (@ampokkab_bekasi).
Mulai dari situlah saya berpindah haluan untuk mendaftarkan diri di Abang Mpok Kab. Bekasi. Bisa diperkirakan hampir satu bulan lebih saya mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang ini, mulai dari mencari informasi pendaftaran, perlengkapan administrasi, memperdalam wawasan pengetahuan umum, sampai dresscode untuk seleksi pun dipersiapkan.
Cerita saya kali ini tidak semulus apa yang kalian bayangkan. Banyak kendala yang saya hadapi di dalamnya, seperti; trouble jaringan, tentunya hal ini sangat mengganggu sekali bagi para peserta yg mendaftar melalui online. Contohnya seperti yang saya alami, kurang lebih hampir 7 kali saya mendaftar selalu gagal dan sampai-sampai ketika saya cek email ada 3 form online yg sudah masuk ke email saya (banyak kan). Selain itu letak lokasi seleksi yang saya tidak ketahui membuat saya sedikit kebingungan untuk menuju kesana, sedangkan letak rumah saya yang berada di Desa Sukamekar (sebut saja Kec. Sukawangi) sangat jauh dengan lokasi seleksi yang berada di daerah Cikarang Barat (Hotel Santika), belum lagi jadwal acara yang dimulai pukul 09.00 WIB. Oleh karena itu saya berinisiatif untuk melakukan survei ke daerah tersebut pada hari sebelum seleksi di mulai (H-2 / Rabu, 3 Agustus), mengingat daerah Bekasi yang hampir setiap hari selalu di landa kemacetan menjadi perhitungan bagi saya untuk menuju ke lokasi tersebut, alasannya adalah selain saya tahu letak lokasi tersebut saya juga memperhitungkan jarak tempuh perjalanan dari rumah ke lokasi berapa jam dan belum lagi saya harus menghadapi kemacetan (kebayangkan seperti apa?!), tujuannya satu, supaya tidak telat saja. Lelah memang, tapi ya itulah yang namanya niat.
Hingga akhirnya hari itu pun tiba (baca: Seleksi Tahap 1), sebelumnya pada malam hari saya sudah menyiapkan apa saja yang akan dibawa ketika seleksi nanti supaya di pagi harinya saya tidak terlalu kerepotan menyiapakan ini dan itu. Saya berangkat dari rumah pukul 07.30 WIB dan tiba di lokasi sekitar pukul 08.49 WIB, ini sudah termasuk lewat jalan pintas, jalan yg paling dekat, dan jalan yg aman dari titik kemacetan, jadi perjalanan saya ini termasuk kedalam golongan cepat atau lama?! Sesampainya di lokasi saya harus mengantri untuk registrasi ulang, mengukur tinggi badan serta menimbang berat badan, dan pengecekan kelengkapan berkas administrasi. Saya mendapat no urut peserta ke - 71 dari total peserta kurang lebih 125 orang. Cukup memakan waktu yang lama menunggu antrian panggilan, hampir 4 jam saya menunggu barulah sekitar pukul 13.56 WIB saya dan keempat teman saya. dipanggil masuk kedalam ruang penjuruin. Ada 5 orang juri yang siap mengeksekusi kami, diantaranya ada Mpok @stelanataliaa (Mojang Jajaka 2015), Abang @panjipradana10 (Abang Mpok 2014), dan senior-senior Abang Mpok Kab.Bekasi lainnya.
Apa yang terjadi di ruang penjurian?!
Jawabannya adalah Kamu harus ikut daftar jadi peserta terlebih dahulu. 😁Kemudian pada pukul 16.00 WIB panitia mengumumkan nama-nama yang lolos ke seleksi tahap berikutnya (baca: semifinalis), yakni ada 30 Abang dan 35 Mpok yg menjadi semi finalis Abang Mpok Kab. Bekasi 2016.
Ya, dan sayangnya nama saya tidak termasuk ke dalam nama-nama tersebut. Ada sedikit kekecewaan tapi tidak terlalu larut sampai menangis histeris atau mogok makan dan sebagainya. Yang pasti pengalaman saya kali ini banyak memberikan pelajaran yang berarti. Dan pastinya saya baru saja menciptakan sejarah baru di bulan Agustus kali ini.
Setidaknya saya bangga akan sebuah kekalahan yang saya dapat dari sebuah perjuangan, karena petarung sejati akan terus bertarung sekalipun kemungkinannya adalah kalah.
Lebih baik mencoba lalu gagal daripada gagal mencoba. Your dream doesn't have an expiration date. Take a deep breath and try again!
Untuk kalian yang senasib dengan saya jangan pernah kapok apalagi kecewa sampai berlarut-larut. Masih banyak kesempatan kok di lain waktu, dan pastinya tetap semangat!
Tetap berikan kontribusi terbaik kalian untuk Kab. Bekasi tercinta.
Dan selamat untuk kalian yg lolos sebagai semi finalis, teruskan perjuangan dalam membangun Kab. Bekasi, selamat berkompetisi, jangan lupa untuk selalu menjunjung sportifitas, dan berikanlah yang terbaik.
Sempurna atau tidak sama sekali.
Semangat!
-Best day of my August-
Beberapa tips yang mungkin bisa membantu kalian ketika mengikuti ajang semcam ini. Berikut tipsnya;
1. Baca informasi lengkapnya dan ikuti syarat dan ketentuan.
2. Siapkan hal-hal yang berbau administrasi (KTP/KTM, Surat-surat, Foto, dan lain-lain yang tertera pada brosur).
3. Jika kamu pendaftar online pastikan kamu sudah menyiapkan data-data/ file yg nantinya akan di input (Foto, Surat keterangan/pernyataan), perhatikan juga size file-nya jangan sampai gara-gara size file-nya kebesaran proses pendaftaran online kamu jadi terganggu, dan yang paling penting adalah laptop kamu harus selalu terhubung dengan jaringan internet
4. Setelah sukses mendaftar online, kamu harus menyiapkan semua kelengkapan administrasi dalam satu bundel. Tujuannya agar kamu tidak repot lagi ketika mendekati hari H.
5. Persiapkan juga dresscode yang sudah ditentukan oleh panitia. Jangan sampai kamu terlihat kurang persiapan hanya karena salah dresscode.
6. Jika kamu belum mengetahui lokasi seleksi maka kamu harus membawa orang yang tahu lokasi tersebut atau kamu juga bisa melakukan survei tempat terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu tidak telat datang.
6. Saat kamu mulai memutuskan untuk mengikuti ajang ini, mulailah mencari tahu tentang kebudayaan-kebudayaan daerah tersebut, mulai dari sejarahnya, tempat wisata, sampai makan khasnya pun kamu harus tahu. Setidaknya ini menambah bekal wawasan pengetahuan kamu.
7. Terupdate, sebagai calon peserta kamu wajib mengetahui informasi terupdate. Tujuannya sih cuma satu supaya kamu tidak kudet.
8. Dan tips yang terkahir adalah kamu harus banyak nanya, karena malu bertanya sesat di jalan.
Semoga bermanfaat tips dari saya dan semoga menginspirasi teman-teman semua.
Jangan lupa kunjungi blog saya di  lailatsf.blogspot.com
Atau boleh juga mampir ke chanel youtube saya di www.youtube.com/lailatsf
Atau mungkin yang ingin berkawan juga bisa Add id line: lailatsf,
dan follow juga ig dan twitter saya @lailatsf mention aja yang ingin di follback. Terimakasih
.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trip to Baduy Dalem

[Edisi Baduy, 11/11] Ini namanya Abah Kashina, dari Kp.Gajebo Baduy Luar. Hampir setiap sore beliau mampir ke Posko kita sambil mainin alat musik tiup ini. Kata Abah, ini alat musiknya bikin sendiri dan gak ada yang punya selain Abah. Abah pernah ke Bali 2 kali diajak sama pengunjung buat main kesana. [Edisi Baduy, 12/11] Menenun adalah salah satu aktivitas sehari-hari warga Baduy, dari anak-anak, ibu-ibu, sampe nenek-nenek, semuanya bisa menenun. Dan salah satu karyanya adalah Syal yang ada di kepala saya ini. ini asli buatan dari tangan orang Baduy sendiri, punya ciri khas sendiri motif tenunnya. Sumpah, Indonesia keren!   [Edisi Baduy, 12/11] Ini adalah beberapa view perjalanan pada saat menuju Baduy Dalem, ada beberapa jembatan yang harus kita lewati, dan juga track jalanan yg menanjak dan licin, untuk menuju Kp. Cibeo Baduy Dalem kita harus jalan dari Kp. Gajebo Baduy Luar nanti kita akan melawati beberapa kampung (masih Baduy Luar). Ke

Lomba Karikatur #ANZni #SPEKTA _2014

Ini adalah foto gue saat mengikuti lomba karikatur di kampus dengan tema kebangsaan, gak cuma ngegambar aja tapi gue pun harus mendeksripsikan gambar tersebut, nah berikut adalah pendeksripsian gue tentang karikatur ini..... *cekidot ! Sekarang ini nilai luhur pancasila kian memudar karena banyaknya orang-orang yang tidak menghargai falsafah bangsa sendiri. Gue pun berinisiatif untuk membuat karikatur dengan judul  “Hargailah Pancasila” . Mengapa demikian? Karena bila kita lihat lebih jeli lagi orang-orang jaman sekarang sudah tidak menghargai nila-nilai pancasila, yang dimana pancasila itu adalah suatu pedoman bangsa kita yakni bangsa Indonesia. Dapet dilihat pada gambar ini terpampang seekor garuda yang diinjak oleh oknum yang tak berperasaan. Jika dipahami lebih terperinci lagi gambar ini memiliki makna bahwasanya kita sebagai masyarakat indonesia seharusnya menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Kita tidak perlu menghafal isi pancasila asal kita